Manfaat Dasar Santunan Asuransi Jiwa Al-Khairat

Produk Dasar dari Asuransi takafulink salam adalah asuransi jiwa dengan ditambah manfaat investasi. Jadi pokok utama dari asuransi adalah tetap proteksi jiwa, yaitu melindungi dampak resiko bagi ahli waris karena peserta meninggal dunia.  Dalam asuransi takafulink salam manfaat asuransi jiwa ini disebut Santunan Al-khairat.

Apa yang diproteksi ?

Saat pencari nafkah meninggal dunia, dampak yang paling terasa adalah dampak keuangan, sumber penghasilan keluarga ikut terputus. Lalu apa akibatnya?? Pemenuhan kebutuhan hidup istri dan anak akan terganggu, tidak hanya untuk biaya sehari-hari, tapi berbagai bidang, sandang, papan, biaya sekolah, mungkin ditambah cicilan / hutang yang belum lunas,akan memberatkan mereka. Cita-cita / harapan / mimpi di masa datang pun bisa jadi TERPAKSA harus musnah.

  • Jika Saat Anda masih ada (hidup), istri dan anak memerlukan 5 juta / bulan untuk biaya hidup.
  • Jika Anda bepergian 2 bulan, tentu Anda harus tetap menyiapkan 10 juta/bulan untuk memnuhi kebutuhan hidupnya
  • Jika Anda bepergian 3 bulan, tentu Anda harus tetap menyiapkan 15 juta/bulan untuk memnuhi kebutuhan hidupnya
  • Bagaimana jika Anda pergi dan tidak kembali….?

Di sini pentingnya kita menabung, kita harus mempersiapkan kebutuhan keuangan di masa depan sampai tingkat tertentu yang dibutuhkan. Masalahnya, tidak semua orang mampu menabung secara rutin, atau dalam jumlah besar. Adapun yang namanya takdir tidak mengenal waktu, bisa jadi saat kita baru mulai menabung, atau tabungan belum cukup, takdir itu sudah datang.

Dengan adanya asuransi syariah takaful yang berdasar atas akad tabarru (tolong menolong), takaful menjadikan semua peserta menjadi satu keluarga, dengan saling membantu memberikan santuan kepada ahli waris jika ada peserta terkena musibah, meskipun peserta tersebut baru sehari resmi mengikut program asuransi takaful. Sehingga diharapkan dapat meringankan beban hidup ahli waris, untuk produk asuransi pendidikan anak (takaful fulnadi), selain mendapatkan santunan al-khairat, anak akan tetap mendapat dana pendidikan setiap tahun hingga lulus perguruan tinggi.

Ya, asuransi jiwa adalah tentang memberikan sesuatu yang berguna untuk ahli waris kita, orang-orang yang kita cintai, orang-orang yang kita lindungi di saat kita hidup, dan akan tetap kita cintai dan lindungi walaupun kita telah tiada.

Bagaimana JIka Tidak Terjadi Musibah ?

Alhamdulillah jika peserta bisa menyelesaikan akad, berarti kita bisa ikut merasakan jerih payah kita berasuransi, baik itu berupa manfaat pelayanan atau hasil dari investasi. Karena dalam asuransi syariah, takaful hanya sebagai pengelola dana peserta, keuntungan perusahaan berasal dari akad mudharabah (bagi hasil) atau akad wakalah bil ujroh (fee atas pengelolaan dana). Jadi jangan kuatir dana peserta hangus atau tidak bisa diambil, peserta berhak atas saldo tabungan beserta hasil investasinya (tentunya setelah dikurangi biaya-biaya asuransi).

Menentukan Nilai Santunan Al-Khairat

ASURANSI JIWA = PROTEKSI PENGHASILAN KELUARGA, sehingga salah satu cara termudah untuk menentukan besarnya adalah dengan menghitung berapa pengeluaran keluarga dalam setahun lalu dikalikan berapa tahun Anda mau memberikan perlindungan.

Contoh, pengeluaran keluarga adalah 5juta/bulan, berarti dalam setahun 60 juta., jika Anda menginginkan Santunan Al-Khairat sebesar 500juta, berarti Insya Allah Anda membantu meringankan beban keluarga selama 8 tahun.

Kebanyakan orang ikut asuransi dengan mencari premi terendah, padahal semakin premi rendah maka uang pertanggungannya pun semakin kecil. Jadi penting bagi seorang kepala keluarga untuk memaksimalkan nilai santunan al-khairat. Jika bisa minimal dalam angka 1 MILYAR, perhitungannya jika keluarga mempunyai warisan 1 milyar, selain bisa untuk modal usaha, sebagian dana bisa disimpan di deposito syariah, jadi setiap bulan keluarga bisa memperoleh dana dari bagi hasilnya.

Berapa Nilai Maksimum Asuransi Jiwa  yang bisa diperoleh ?

Anda bebas menentukan nilai Santunan asuransi jiwa yang diinginkan, tentu disesuaikan dengan kemampuan untuk membayar premi. Dan faktor usia akan menentukan pula besaran manfaat asuransi jiwa tersebut.

Misal jika usia peserta masih berkisar 21-30tahun, ingin mempunyai santunan al-khairat sebesar 1Milyar, maka Anda cukup mengambil premi sebesar 450.000 / bulan.. Beda lagi jika usia sudah 50 tahun misalnya, maka premi perbulan sekitar 800.000.

Jadi, semakin dini ikut asuransi SEMAKIN KECIL kontribusi / preminya, namun SEMAKIN BESAR manfaat asuransi jiwa yang bisa diambil. dan sebaliknya, jika Anda menunda-nunda, semakin bertambah usia, semakin BESAR PREMI yang harus dibayarkan per bulannya.

Namun, yang jadi pertanyaan, BERSEDIAKAH ANDA MULAI MENYISIHKAN SEBAGIAN PENGHASILAN ANDA SEKARANG ??

Untuk diskusi lebih lanjut, silahkan hubungi saya : email : takaful@clodiceria.com atau chat santai via whatsapp : 089669416141

 

Tags: ,